021 - 31900306 / 309 - Travel Umroh Haji Sesuai Sunnah Terbaik Termurah Terdekat [email protected]

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata:

إِذَا ثَقُلَ الظَّهْرُ بِالْأَوْزَارِ، مَنَعَ الْقَلْبُ مِنَ السِّيَرِ إِلَى اللهِ وَالْجَوَارِحُ مِنَ النُّهُوْضِ فِيْ طَاعَتِهِ

“Jika belakang telah berat memikul dosa-dosa, maka hati akan terhalangi untuk berjalan menuju Allah dan anggota badan juga akan terhalangi untuk bangkit melaksanakan ketaatan kepada-Nya.” Bada’iut Tafsir (3/332)

Sangat mengherankan, bagaimana seorang diberikan taufik untuk taat kepada Allah padahal tertawan dalam sialnya maksiat dan hatinya keras. Bagaimana ia bisa diajak mengabdi kepada Allah sementara ia orang yang terus-menerus melakukan kemaksiatan.

“Bagaimana ia bisa mendekatkan diri bermunajat, sementara ia bergelimang dan belepotan dengan kotorannya dosa,” katanya.

Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda: “Apabila seorang hamba berdusta, maka kedua malaikat merunduk karena mencium aroma busuk dari mulutnya.” (HR. At Tirmidzi).

“Apakah lisan seperti ini layak berzikir kepada Allah?” katanya.

Maka sudah pasti seseorang yang terus-menerus melakukan dosa dan maksiat tidak akan mendapatkan taufik. Anggota tubuhnya tidak akan diringankan melakukan ibadah. Jika pun mendapatkan taufik tersebut, maka ia akan melakukannya dengan kelelahan.

“Tak akan ada kelezatan dalam ibadah, tak ada ketulusan di dalam hati ini semua karena sialnya dosa dan karena ia tidak mau atau masih tetap meninggalkan taubat,” katanya.

Benar adanya orang yang mengatakan bahwa jika engkau tidak mampu melakukan shalat malam dan puasa di siang hari diketahui engkau terbelenggu oleh kesalahan-kesalahan. Maka engkau wajib bertaubat agar ibadah diterima, karena Allah sebagai pemilik agama ini tidak menerima hadiah.

“Hal itu karena taubat dari kemaksiatan kepada Allah dan dosa dengan makhluk dengan meminta di dalamnya adalah faru dan kewajiban pasti,” katanya.

 

Semoga bermanfaat.

Wallahu Ta’ala A’lam.

 

Haji umroh sesuai sunnah bersama hudaya safari tour & travel. Informasi lebih lanjut di WA Center Kami https://wa.me/6282112135575 atau kunjungi https://www.hudayasafari.com . Ikhtiar Anda Ke Tanah Suci, Adalah Semangat Bagi Para Da’i.