021 - 31900306 / 309 - Travel Umroh Haji Sesuai Sunnah Terbaik Termurah Terdekat care@hudayasafari.com

Allah Ta’ala berfirman:

یَوۡمَ لَا یَنفَعُ مَالࣱ وَلَا بَنُونَ. إِلَّا مَنۡ أَتَى ٱللَّهَ بِقَلۡبࣲ سَلِیمࣲ

“Pada hari (ketika) harta dan anak-anak tidak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih.” Q.S. Asy-Syu’ara: 88-89

 

Untuk yang kafir harta tidak berguna di hari kiamat nanti, tapi bagi muslim harta berguna di hari kiamat, kalau hartanya banyak disedekahkan, harta yang disedekahkan akan menjadi pelindung.
Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya ” (HR Ahmad), tapi tentunya harta yang halal, harta bisa menjerumuskan ke neraka dan bisa mengantarkan ke syurga , untuk harta ini spesial pertanyaannya ada, cara memperolehnya dan dibelanjakan kemana ?

لاَ تَزُولُ قَدَمَا عَبْدٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ عُمْرِهِ فِيمَا أَفْنَاهُ وَعَنْ عِلْمِهِ فِيمَا فَعَلَ وَعَنْ مَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيمَا أَنْفَقَهُ وَعَنْ جِسْمِهِ فِيمَا أَبْلاَهُ.

“Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang ;
umurnya kemana dihabiskannya,
tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya; dari mana diperolehnya dan ke mana dibelanjakannya, serta
tentang tubuhnya untuk apa digunakannya” (HR. Tirmidzi).
Untuk muslim harta menjadi berguna kalau cara memperolehnya halal (tidak ada unsur riba, tidak hasil nipu, tidak hasil korupsi, tidak mengambil hak orang lain…dlsb)
Dan membelanjakannya di jalan Allah( memberi nafkah keluarga, banyak bersedekah, membantu syiar Islam, membantu perjuangan Islam, tidak untuk berzina, tidak untuk berjudi, tidak untuk yang haram, makruh…dlsb)

مَثَلُ  الَّذِيْنَ  يُنْفِقُوْنَ  اَمْوَا لَهُمْ  فِيْ  سَبِيْلِ  اللّٰهِ  كَمَثَلِ  حَبَّةٍ  اَنْۢبَتَتْ  سَبْعَ  سَنَا بِلَ  فِيْ  كُلِّ  سُنْۢبُلَةٍ  مِّائَةُ  حَبَّةٍ   ۗ وَا للّٰهُ  يُضٰعِفُ  لِمَنْ  يَّشَآءُ     ۗ وَا للّٰهُ  وَا سِعٌ  عَلِيْمٌ
“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.”
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 261)

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, dan Ahmad )

 

Semoga bermanfaat.

Wallahu Ta’ala A’lam.

 

Haji umroh sesuai sunnah bersama hudaya safari tour & travel. Informasi lebih lanjut di WA Center Kami https://wa.me/6282112135575 atau kunjungi https://www.hudayasafari.com . Ikhtiar Anda Ke Tanah Suci, Adalah Semangat Bagi Para Da’i.