021 - 31900306 / 309 - Travel Umroh Haji Sesuai Sunnah Terbaik Termurah Terdekat [email protected]

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

تَهَادُوا تَحَابُّوا

 “Saling memberi hadiahlah, niscaya kalian akan saling mencintai”. Diriwayatkan oleh Al- Bukhari (269)

Kalau kita analisa menggunakan teori ilmu sharf_pada kata “تهادا” menggunakan istilah musyarakah yang artinya ada feedback dari orang yang diberi hadiah. Dan inilah yang dilakukan oleh Rasulullah. Memang terkadang orang yang diberi hadiah tidak punya modal, untuk memberikan yang lebih atau bahkan yang semisal. Maka agar ada saling tukar hadiah, berdasarkan petunjuk Rasulullah minimal dibalas dengan doa.

وعن عبد الله بن عمر ـ رضي الله عنهما ـ قال: قال رسول الله ـ صلى الله عليه وسلم ـ: ( من سألكم بالله فأعطوه، ومن دعاكم فأجيبوه، ومن أهدى لكم فكافئوه، فإن لم تجدوا ما تكافئوه فادعوا له ) رواه أحمد .

“Dari Abdullah bin Umar-radiallahu anhuma-ia berkata: Telah bersabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Siapa yang meminta kepada kalian karena Allah, maka berikanlah, dan siapa yang mengundang kalian, maka datanglah. Dan siapa yang memberi hadiah kepada kalian, maka balaslah, jika kalian tak juga mampu maka balaslah dengan doa”. (HR. Ahmad).

Oleh karena itu, kita sebagai pengikuti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam harus memiliki ‘izzah (harga diri), tidak hanya senang memberi hadiah, menikmati pemberian orang begitu saja, tetapi ketika ada orang yang memberi hadiah kepada kita, minimal kita tampakkan rasa terima kasih kita walau hanya dengan ucapan doa.

Semoga bermanfaat.

Wallahu Ta’ala A’lam.

 

Haji umroh sesuai sunnah bersama hudaya safari tour & travel. Informasi lebih lanjut di WA Center Kami https://wa.me/6282112135575 atau kunjungi https://www.hudayasafari.com . Ikhtiar Anda Ke Tanah Suci, Adalah Semangat Bagi Para Da’i.