021 - 31900306 / 309 - Travel Umroh Haji Sesuai Sunnah Terbaik Termurah Terdekat care@hudayasafari.com

Dari Ibnu Abdil Barr rahimahullah, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

تَرَكْتُ فِيْكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوْا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا : كِتَابَ اللهِ وَ سُنَّةَ رَسُوْلِهِ

“Aku telah tinggalkan pada kamu dua perkara. Kamu tidak akan sesat selama berpegang kepada keduanya, (yaitu) Kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya.” Diriwayatkan oleh Malik bin Anas (2/899)

Berkata Imam Malik: “Tidak akan baik akhir perkara umat ini kecuali dengan mencontoh kebaikan yang ada pada generasi pertama. Dan yang menjadikan baik perkara generasi pertama ialah al-Qur’an dan sunah Nabi -Nya. Diriwayatkan oleh hath-Thabari didalam Mu’jamul Kabir sebuah hadits dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu: “Bahwasannya beliau pernah melewati sekelompok orang yang sedang berada di dalam masjid sedang menunggu waktu sholat dengan membikin halaqah. Pada halaqah tersebut masing-masing orang memegang kerikil ditangannya, lalu ada yang memimpin yang mengatakan pada mereka: ‘Bertasbihlah kalian seratus kali, lantas merekapun bertasbih sebanyak bilangan tadi. Lalu dilanjutkan: “Bertakbirlah kalian seratus kali’, mereka pun melakukannya. Kemudian ia berkata lagi: ‘Bertahlillah seratus kali’, mereka pun bertahlil sebanyak itu.

Maka beliau menyeru kepada mereka: “Hitunglah keburukan kalian, maka saya menjamin tidak akan tersisa sedikitpun dari kebaikan kalian. Duhai celaka kalian wahai umat Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam, betapa cepatnya kalian binasa! Lihat disana masih banyak para sahabat Nabi, dan ini pakaian beliau saja belum rusak bejananya juga belum pada pecah. Demi Dzat yang jiwaku berada ditangan -Nya. Bisa jadi kalian berada diatas agama yang lebih memperoleh petunjuk dibanding agamanya Muhamamd Shalallahu ‘alaihi wa sallam, atau kalian sedang membuka pintu kesesatan?

Mereka memberi alasan: “Demi Allah, wahai Abu Abdirahman, tidak ada yang kami inginkan kecuali kebaikan! Beliau berkata tegas: “Betapa banyak orang yang menginginkan kebaikan, namun dirinya tidak memperolehnya”.

Ketika membaca firman Allah tabaraka wa ta’ala dalam surat al-Imran ini:

يَوۡمَ تَبۡيَضُّ وُجُوهٞ وَتَسۡوَدُّ وُجُوهٞۚ [ ال عمران: 106]

“Pada hari yang di waktu itu ada muka yang putih berseri, dan ada pula muka yang hitam muram”. [al-Imran/3: 106].

Sahabat Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma mengatakan: “Yakni pada hari diwaktu itu ada muka yang putih berseri yaitu ahlu sunah wal jama’ah. Dan ada pula muka yang hitam muram yaitu ahli bid’ah dan firqah”.

Faidah manakala kita berpegang teguh dengan al-Qur’an dan Sunah:

Dengan berpegang teguh pada al-Qur’an dan Sunah akan menyelamatkan seorang hamba dari fitnah kesesatan.

Dengan berpegan teguh pada al-Qur’an dan Sunah seorang hamba akan terjaga dari terjerumus kedalam syahwat yang haram.

Dengan berpegang teguh pada al-Qur’an dan Sunah akan mengantarkan pada kejayaan umat dan kemuliaan.

Dengan berpegang teguh pada al-Qur’an dan Sunah tipu daya dan pintu-pintu setan akan terbongkar.

Dengan berpegang teguh pada al-Qur’an dan Sunah sebagai bukti akan kewarasan otaknya serta lurus fitrahnya.

Dengan berpegang teguh pada al-Qur’an dan Sunah akan membuahkan ketenangan serta ketentraman hati.

Dengan berpegang teguh pada al-Qur’an dan Sunah sebagai benteng untuk terjatuh dalam perbuatan bid’ah dan perkara baru dalam agama.

 

Semoga bermanfaat.

Wallahu Ta’ala A’lam.

 

Haji umroh sesuai sunnah bersama hudaya safari tour & travel. Informasi lebih lanjut di WA Center Kami https://wa.me/6282112135575 atau kunjungi https://www.hudayasafari.com . Ikhtiar Anda Ke Tanah Suci, Adalah Semangat Bagi Para Da’i.