021 - 31900306 / 309 - Travel Umroh Haji Sesuai Sunnah Terbaik Termurah Terdekat care@hudayasafari.com

Allah Ta’ala berfirman:

أَلۡهَىٰكُمُ ٱلتَّكَاثُرُ. حَتَّىٰ زُرۡتُمُ ٱلۡمَقَابِرَ

“Bermegah-megahan telah melalaikan kalian. Sampai kamu masuk ke dalam kubur.” Q.S. At-Takatsur: 1-2

Surat At-Takatsur menjelaskan betapa tercelanya mengumpulkan dunia yang membuat lupa pada akhirat. Surat At-Takatsur ini termasuk surat pendek. Ayatnya berjumlah delapan.

Surat yang turun di Makkah ini memiliki munasabah (hubungan) dengan surat sebelumnya: Al-Qari’ah. Yaitu, Surat Al-Qariah menjelaskan tentang hari kiamat, Surat At-Takatsur mencela orang yang lupa pada hari kiamat.

Sebab Turunnya Surat At-Takatsur

Mengenai sebab turunnya Surat At-Takatsur ini, ada beberapa riwayat. Setidaknya ada tiga riwayat yang akan penulis jelaskan di sini.

  1. Sahabat Rasulullah meragukan siksa kubur

Riwayat pertama dikeluarkan oleh Ibnu Jarir dari Sayidina ‘Ali. Kata Sayidina Ali, “Dulu kami ragu tentang siksa kubur sehingga turun ayat Al-Hakum at-Takatsur sampai ayat Tsumma Kalla Saufa Ta’lamun.”

Itulah riwayat pertama mengenai sebab turunnya Surat At-Takatsur. Keterangan ini terdapat di catatan kaki kitab Hasyiah Shawi

2. Riwayat berikutnya tentang sebab turunnya Surat At-Takatsur bahwa surat ini turun untuk dua kabilah Anshar. Yaitu, Bani Harits dan Bani Haritsah. Kedua kabilah itu saling membanggakan keluarganya.

Mereka menyebutkan bahwa di kelompok mereka ada ini, ada itu. Mereka hitung semua pendekar dan orang-orang mereka yang hebat.

Setelah mereka menghitung yang hidup, mereka menghitung yang mati. Mereka mendatangi kuburan, lalu menunjuk kuburan famili mereka yang hebat-hebat.

Lalu, Allah menurukan Alhakum at-Takatsur sampai ayat Hatta Zurtum al-Maqabir.

Penjelasan di atas terdapat dalam kitab Hasyiyah As-Shawi. Sedangkan dalam kitab al-Khazin, orang yang saling membanggakan kabilahnya sendiri adalah orang-orang Quraisy. Yakni Bani Abdi Manaf dan Bani Sham bin Amer.

Begitulah sebab turunnya Surat At-Takatusr menurut riwayat yang kedua.

  1. Surat At-Takatsur turun kepada orang Yahudi

Ada juga yang berpendapat mengenai sebab turunnya Surat At-Takatsur ini. Menurut pendapat yang ketiga ini, Surat At-Takatsur turun untuk orang-orang Yahudi.

Orang-orang Yahudi saling membanggakan golongannya sendiri. Mereka mengatakan, kelompok kami lebih banyak dari Bani Fulan, dan seterusnya. Mereka sibuk dengan kebanggan itu sampai mereka mati.

Begitulah penejelasannya sebagaimana dalam Tafsir al-Khazin.

Memang, sebelum Islam datang, masyarakat sangat bangga jika punya harta banyak. Mereka juga bangga jika punya anak dan kerabat yang banyak. Terlebih jika mereka hebat.

Tak ayal jika mereka senang menumpuk dan membanggakan harta, anak, dan kelompok sendiri.

Semoga bermanfaat.

Wallahu Ta’ala A’lam.

 

Haji umroh sesuai sunnah bersama hudaya safari tour & travel. Informasi lebih lanjut di WA Center Kami https://wa.me/6282112135575 atau kunjungi https://www.hudayasafari.com . Ikhtiar Anda Ke Tanah Suci, Adalah Semangat Bagi Para Da’i.