021 - 31900306 / 309 - Travel Umroh Haji Sesuai Sunnah Terbaik Termurah Terdekat care@hudayasafari.com

Allah Taala berfirman:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya” Q.S. Al Ahzab: 56

Abu ‘Abdullah Muhammad bin Ahmad bin Abu Bakr Al Anshari al Qurthubi atau dikenal dengan Imam Qurthubi dalam kitab tafsir Al-Jami’ liahkam al-Qur’an wa al-Mubayyin Lima Tadhammanahu Min as-Sunnah wa Ayi al-Furqan atau disebut Tafsir Qurthubi memberikan penjelasan tentang ayat tersebut. Bahwa ayat 56 surat al-Ahzab mengungkapkan penghormatan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.

Imam Qurthubi juga menjelaskan bahwa shalawat Allah kepada Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam adalah pemberian rahmat dan keridhaan-Nya kepada Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam. Sedangkan shalawatnya para malaikat adalah doa dan permohonan ampun untuk nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam.

Sedangkan shalawatnya umat nabi Muhammad kepada beliau adalah sebagai doa dan penghormatan atau pengagungan kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam.

“Ayat ini adalah penghormatan Allah kepada nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam ketika nabi hidup dan ketika Nabi telah wafat. Dan ayat ini menyebutkan tingginya derajat dari Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam di sisi Allah ta’ala.

Dan shalawat dari Allah adalah rahmatNya dan ridhoNya kepada nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam. Dan shalawat dari para malaikat adalah doa dan permohonan ampun untuk nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam. Dan shalawat dari umatnya adalah doa dan takzim terhadapnya.

(Lihat Al-Jami’ liahkam al-Qur’an wa al-Mubayyin Lima Tadhammanahu Min as-Sunnah wa Ayi al-Furqan atau Tafsir Qurthubi terbitan Ar Risalah, Beirut Lebanon halaman 213-214)

Begitupun pendapat Imam Ibnu Katsir dalam kitab Tafsir Alquran al ‘Adzim atau dikenal dengan Tafsir Ibnu Katsir, beliau menukil beberapa keterangan para perawi hadits yang menjelaskan tentang shalawat dari Allah dan shalawat dari malaikat.

Imam Bukhari berkata, “Abu ‘Aliyah berkata, “Shalawat Allah itu pujian-Nya atas nabi di sisi para malaikat. Dan shalawat para malaikat itu doa. Ibnu Abbas berkata, “”Mereka bersholawat: mereka mengharap berkah. Begitulah yang di ta’liq  Bukhari dari Ibnu Abbas. Dan diriwayatkan Abu Ja’far Ar Roziy, dari Ar Rabi’ bin Anas dari Abi Al Aliyah juga seperti itu. Dan riwayat semisal itu juga dari Ar Robi’. Dan diriwayatkan Ali bin Abi Thalhah dari Ibnu Abbas seperti dia mengatakan yang sama.m, di riwayatkan Ibnu Hatim. Dan Abu ‘Isa at Tirmidzi berkata: diriwayatkan dari Sufyan ats Tsauri dan ulama lainnya berkata: Shalawat Rabb : Rahmat dan shalawat malaikat : Istighfar.   (Lihat Tafsir Ibnu Katsir karya abu Al Fida Ismail bin Umar bin Katsir al-Qursyi ad-Damasyqi atau Ibnu Katsir terbitan Daar thiyyibah Arab Saudi, halaman 457)

Semoga bermanfaat.

Wallahu Ta’ala A’lam.

Haji umroh sesuai sunnah bersama hudaya safari tour & travel. Informasi lebih lanjut di WA Center Kami https://wa.me/6282112135575 atau kunjungi https://www.hudayasafari.com . Ikhtiar Anda Ke Tanah Suci, Adalah Semangat Bagi Para Da’i.